Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Jumat, 06 September 2013

MATERI GEOGRAFI : PENGERTIAN GEOGRAFI



GEOGRAFI MENURUT PARA TOKOH


Beberapa definisi Geografi yang dikemukakan para ahli antara lain sebagai berikut:

IKATAN GEOGRAFI INDONESIA (IGI)
Geografi adalah studi pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan suatu gejala/fenomena di muka bumi (geosfer) dikaji melalui pendekatan kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.


R. BINTARTO
Geografi adalah studi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di permukaan bumi. Kajian secara fisik maupun yang mencakup makhluk hidup beserta permasalahannya. Kajian dilakukan melalui pendekatan keruangan, ekologi, regional untuk kepentingan, proses, dan keberhasilan program.

KARL RITTER
Geografi adalah studi tentang daerah-daerah yang berbeda-beda di permukaan bumi (differential area) dalam keragamannya.

PAUL VIDAL DE LA BLACHE
Geografi merupakan ilmu pengetahuan tentang berbagai tempat atau wilayah yang berhubungan dengan kualitas dan potensialitas wilayah-wilayah tersebut.

FINCH C. VERNOR
Geografi adalah studi yang menjelaskan, menerangkan suatu daerah di permukaan bumi disertai dengan analisisnya. Tidak hanya menyoroti fenomena tertentu saja, melainkan memerhatikan perubahan-perubahan dan dinamika yang berlangsung di atasnya.

ELSWORTH HUNTINGTON
Geografi adalah studi tentang alam dan persebarannya melalui relasi antara lingkungan dan aktivitas (kualitas manusia).

FERDINAND VON RICHTOFFEN
Geografi merupakan suatu studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dan penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, serta mencoba menjelaskan hubungan timbal balik  antargejala dan sifat-sifat tersebut.

RICHARD HARTSHORNE
Geografi merupakan ilmu tentang tempat-tempat yang berhubungan dengan kualitas dan potensialitas dari suatu daerah. Sifat khas daerah tersebut dinyatakan dari totalitas (keseluruhan)  ifat daerah yang bersangkutan. Keragaman sosialnya berasosiasi dengan keragaman tempat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar