Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Selasa, 19 Februari 2013

CERITA : Ooooh begini tu Bromo.......(Re-Post dari blog terdahulu untuk mengenang masa-masa kuliah)

Ooooh begini tu Bromo.......

Tim Pemetaan Geografi UNJ angkatan 2004 + dosen nih

Woy Gue gak keliatan

He..he.. gue dikerubutin booo

Awal Perencanaan....
Semester 4 waktunya PKL 2 (Sosial dan Pemetaan) kembali harus dijalani mahasiswa Geografi UNJ. PKL kali ini spesial banget karena tiga angkatan + hampir seluruh dedengkot dosen jurusan bakalan ada di satu tempat. Haaaah.... kenapa harus ke bromo, yah walaupun belum pernah kesana tapi gue gak suka gara-gara tuh tempat usulan dari angkatan 2003 (senior 1 tahun diatas kita gitu), maklum ego angkatan masih gede segede-gedenye waktu itu.
Tapi toh gue gak bisa nolak, seluruh panitia dari multi angkatan akhirnya digabung walaupun akhirnya kerja sendiri-sendiri. Saat itu gue bingung gue nih panitia apa yah, eh ternyata transportasi, tapi buntut-buntutnye  gue bantuin nak danus. Gpp gw coba.. nyari keTPI tapi terjadi salah paham kita disangka mau PKL diTPI yee...GR aja tu stasiun orang minta sponsor dana. Tapi gue salut orangnya pada open, ramah booo, btw ngomong-ngomong TPI gue punya usulan namanya dirubah aje kayaknye da gak sesuai ma tayangan sehari-harinya (moga ditanggapi). Yaaaa, kelompok danus gue gagal tetapi nak danus yang lain lumayan berhasil jadi kegagalan kita tertutupi.
Keberangkatan....
Yoo akhirnya hari H tiba, dari kampus kita naik mobil super eksklusif yang ada di Jakarta yaitu metromini 17 ke arah senen lanjut menuju Bromo dengan Kereta menuju Gubeng Surabaya.


Naik kereta api tut..tut..tut..
Siapa Ingin ikut, PKL ke Bromo
Tak boleh naik dengan percuma (Bayar Bro 400.000 rb)
Ayo kawanku lekas naik, kalo enggak nanti si pei marah
(ketua PKL 2)


Di kereta gak kayak yang gue bayangin, gue pikir keadaannya bakal beda dari KRL Jakarta Kota-Bogor yang rame, ternyata sama aja. Untungnya satu gerbong kita kuasain gak boleh ada penumpang lain ato penjual dan pengamen masuk. Bersukurlah ada orang-orang kayak Rasminto, Sigit, Encek, Dodi, Arnold dan teman-teman sebangsanya yang memiliki wajah shinigami jadinya orang-orang pada ngeri masuk, orang pintunya dijaga malaikat pencabut nyawa heee.....Sampe Gubeng jam setengah 6 pagi, wuih ni stasiun boleh dibilang lebih bagus, bersih daripada Gambir. Entah kenapa hawa disini beda cuy!! tenang gak kayak di Jakarta yang bawaannya pingin buru-buru kayak pembalap mau ngambil gaji (waktu lomba aja uda ngebut apalagi ngambil gaji, coba aja tanya sama Taufik Hidayat.??? Eh dia atlet apa yah?). Dari Gubeng naik bus AL menuju Probolinggo. Satu hal yang gue pelajari dari perjalanan gue kalo mau jalan lancar naik mobil jadi tentara mo tau kenapa soalnya saat di bus AL jalan lancar banget gak ada halangan, trus kita nyambung lagi bus kecil ke Bromo, disini gw gak bisa cerita soalnya gw tidur.
Di Tempat Tujuan....
Sampe deh.... Disana kita langsung pembukaan...ada Kepala desa dan yang punya penginapan Bapak Karmoyo (itutuh bapaknya artis Angel Karmoyo, kenal kan). Nih bapak senyam senyum tapi dibalik senyumnya kayak ada yang gak beres cuy!!!!.
Hari pertama gue ma temen-temen pemetaan mulai beraksi, bawa theodolit mulai metain daerah bromo (agak belagu juga sih gayanye)Gue, Ari, Pei, Pice, Nandi, Maulana, Zai, Dhian, Wiwi dan Ambar, kita bersembilan adalah tim pemetaan yang tangguh. Kenapa bersembilan? soalnya percuma dibilang sepuluh juga soalnya Pei gak bisa diliat dengan mata telanjang hee..... tapi dia nih harus gue salutin tanggung jawabnya besar banget yah semoga elo diterima disisi-Nya ya Pei hee..... Oh iya tapi untungnye gue jadi tim pemetaan daripada tim sosial, soalnye gue gak bisa bahasa Jawa cuy!!!!. Sebelum berangkat ke sasaran kita sarapan pagi, he..he.. tau gak kita makan ayam loh tapi tu ayam masih pake baju setengah alias bulunya gak dicabutin ampe bersih, haaa nasib terima aja dah laper soalnya (tapi tau gak ni makanan gak berubah pagi, siang, malem sampe tiga hari berturut-turut eh tu ayam ketemu lagi sampe-sampe udah di Jakarta gue gak nafsu ketemu ayam malah sampe menjerit histeris dan kayaknya hanya psikiater yang bisa nolong gue.....he...he... boong gak segitunye).
Karmoyo Beraksi.....
Malamnye nak-nak sosial diskusi temuannye sama dosen-dosen (disini mereka pada gemuk-gemuk pake baju berlapis-lapis. gila aje dinginnye minta ampun). Eh Mr. Karmoyo dateng nanyain mau dimasakin mie ma kopi gak, wuih tu babe bae juga ya sontak temen-temen gue yang pada trauma ma ayam langsung manggut-manggut kayak ayam tetelo. Eeeeee tau gak pagi-paginye ternyata tuh orang nagih duit ha..ha..ha.. temen-temen gue pada kecele soalnya ada yang makan sampe nambah 2x. malemnya lagi tuh mister nayain mau dinyalain api unggun gak ma kita, tapiiiii....... katanye satu orang 2 ribu. set dah, kalo dikali 400 orang kan jadi 800 ribu mendingan gue bakar balai desa bisa ngangetin banyak orang. Udah gitu yang parahnya lagi saat temen2 sosial mo pulang ketemu ni orang lagi naik jeapnye dia nawarin tumpangan tapi satu orang lagi-lagi dihargain 2 rb padahal penginapan kita ya rumah dia juga. Stres. Kasian Angel Karmoyo anaknya yang artis namanya bisa jelek gara-gara ulah bokapnye. Btw kenal kan Angel Karmoyo? (itutuh yang main bidadari gantiin marshanda). O iya pernah dia nawarin kita mau liat sunrise dari pananjakan gak dia nawarin jeapnya dengan harga 200rb, kita bilang kemahalan tapi kata dia gpp deh gak usah bayar asal beliin bensin aja 40 liter, lah saat itu premium harganya berkisar 4500-5000 itung aja coba, bukannya sama aje. Karmoyo...karmoyo... untung gue sabar kalo enggak uda gue minta dia beliin kayu bakar satu orang 2ribu trus gue bakar sekalian balai desanya. Stres. Itulah Karmoyo pria tangguh pencari uang. kepiawaian menawarkan jasanya dengan gigih sebenarnya patut kita tiru juga sih.
Luar Biasanya Bromo.....
Tapi udahlah diluar ulah itu mister, kondisi alam Bromo mang luar biasa keren. Padang Pasir, SunRise dari Pananjakan, Bromo, Batok, Semeru, Luar biasa. Maha Suci Zat yang telah menciptakannya.Yaaah akhirnya walaupun awalnya karna ego angkatan ato tepatnya ego pribadi ternyata ke Bromo nikmat juga diluar ulah si karmoyo sama ayam yang terus menghantui. Yah Bromo bener-bener-bener-bener keren. Pagi2 dengan jeap Mr.Karmoyo kita ke pananjakan diperjalanan padang pasir yang masih ditutupin kabut jam 2 pagi gue liat nenek2 hebat, gimana gak hebat gue yang masih muda ja dengan pake kacamata minus 1.5 mungkin gak bakal bisa jalan lantaran kabut yang tebal banget. tapi tuh nenek santai aja jalan gak pake alas kaki, udah gitu dia mikul di punggung kayu bakar yang gue perkirain beratnya sampe 30 puluhan kilo. Gelap, gak pake alas kaki, jalan jauh. Hebat. Tapi kenapa bangsa kita dulu sampe kejajah yah???? Sampe pananjakan ternyata orang-orang uda pada rame orang Jawa, Bule, sampe familinya Amitabachan dan Jengis Khan ada, wah..wah..wah bertepatan sama shubuh gue paksain aja sholat dikeramaian. Mudah-mudahan gak ria. Subhanallah saat matahari mulai muncul keindahan tiada taranya terlihat matahari kayak gadis yang akan dijodohin malu-malu mengintip calon pasangannya tapi dari wajahnya memancarkan cahaya merona menyinari sekitar. Gunung Bromo dan Batok yang dikelilingi padang pasir saat itu seakan menggeliat membuka mata masih diselimuti kabut putih tebal nan cantik. Gunung Semeru seakan ayam jago yang berkokok berulang-ulang mengeluarkan debu vulkanik dengan letusan effusif mengeluarkan sara merdu dan membentuk cendawan yang indah. Maha Suci Allah. Gak akan terlupakan pemandangan ini. Pingin deh gak mau kemana-mana tetap sisitu menanti kejadian ini keesokan harinya. Mungkin kalo boleh gue bangun rumah disitu, mempersunting wanita bromo punya anak kecil-kecil yang imut dan....(loh..loh..loh jadi ngelantur ya'). Tapi apa boleh dikata gue harus melanjutkan aktifitas memetakan bromo. Setelah temen-temen cewek dengan noraknya foto-foto sama bule yang mirip bruce wilis dan tetangga amitabachan serta sok..sok..wawancara dengan orang jajahan Gengiskhan akhirnya kita kembali ke kediaman penginapan Karmoyo. Karmoyo? tidaaaaaaaaak kenapa harus nama itu lagi. Hari-hari berikutnya tetap sama sampai menunggu kepulangan. Oh Bromo yang Indah.
Pas Pulang....
Kekompakan angkatan saat buat laporan malem-malem sampe begadang, pemandangan yang luar biasa, capenya metain tuh desa, dan pengalaman lucu lainnya buat gue pengen balik ke tu tempat. Mungkin nanti saat gue bulan madu sama istri kalo da nikah (ya iyalah, masa ya iya dong yang namanya bulan madu kalo udah nikah).Akhirnya hari kepulangan tiba. Sedih juga gue bakalan kangen sama nih tempat. Tapi jangan GR gue gak kngen sama Mr Karmoyo (tapi saya doain usahanya lancar pak, tau gak ni orang ternyata selain punya penginapan, punya jeap, dia juga punya usaha jual pasir, gue heran nih orang tapi kayak gak da puasnya).
Seperti berangkat kita juga melalui perjalanan yang sama saat pulang dengan rute yang sama. Tapi ntar dulu di daerah Sidoarjo tepatnya di dekat Lapindo gue lihat ada hal yang janggal. Sawah dan tanah sekitarnya kayak lagi dicor, disemen tapi kok dalam pikiran gue tanamannya gak dicabutin dulu yah. Gue sempen Suudzon dulu orang yang ngerjain males. Eh ternyata sampe rumah gue baru tau kalo itu luapan lumpur panas yang terus keluar sampe sekarang. Semoga bencana itu cepat berakhir, gue doain orang-orang yang terkena bisa mendapatkan hak secepatnya. Ayo pak Bhakri, duit banyak jangan disimpen-simpen. Mau itu bencana ato human error ke yang kena kan tetep manusia juga butuh makan dan tempat tinggal layak.
Yah begitulah perjalanan gue PKL. Gue gak bakalan lupa deh.............................
Catatan :
Cerita ini ditulis sebelum TPI dibeli Bapak Hari T dan berubah nama menjadi MNC Tv
Sebelum Bapak Abu Rizal Bakri Kepilih jadi Ketua Umum Partai Golkar
Sebelum Bapak SBY mantuan sama Bapak Hatta Rajasa
Sebelum Pak Ahok kenal ma Bapak Jokowi yang akhirnya jadi Gubernur DKI Sekarang
Dan pastinya sebelum gue kawin ma Lisa Riyanti dan punya anak ganteng Muhammad Arif Al Fathdry
SEBELUM SAYA LUPA PASSWORD BLOG YANG LAMA DAN MEMBUAT BLOG BARU INI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar